Kamis, 21 Mei 2009

Penerimaan Peserta Didik Baru

SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
( P P D B )
Tahun Pelajaran 2009 - 2010
______________________________________________________________________
PENGANTAR
Penerimaan Peserta Didik Baru
Tahun pelajaran 2009/2010
Assalamu’alaikum Wr Wb,
Pudji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah membimbing Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Kota Purbalingga untuk meningkatkan pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru SMK YPLP Perwira Purbalingga pada tahun pelajaran 2009/2010.
Penerimaan Peserta Didik Baru, yang masih banyak disebut sebagai Penerimaan Siswa Baru (PSB), kadang membuat orang tua (masyarakat) resah memikirkan putra-putrinya untuk mendaftarkan ke sekolah yang lebih tinggi, lulusan SD ke jenjang SMP atau lulusan SMP ke jenjang SMA/SMK.
Keresahan tersebut dapat dipahami karena sebagian orang tua ada yang menghendaki putra-putrinya dapat diterima di sekolah negeri. Padahal, dari tamatan SD sebanyak 41.168 siswa harus bersaing masuk ke SMP Negeri yang mempunyai daya tampung 12.224. Begitu juga tamatan SMP sebanyak 36.727 harus bersaing masuk ke SMA Negeri yang hanya punya daya tampung 6.536 dan SMK Negeri 6.878.
Persaingan untuk memperebutkan bangku sekolah negeri yang sangat kompetitif ini serta pendaftaran manual yang mengharuskan siswa dan orang tua memerlukan waktu khusus untuk datang ke lokasi sekolah yang hendak dituju mengakibatkan terjadinya kemacetan lalu lintas, pengumpulan massa dalam suatu lokasi yang dianggap sekolah favorit, serta biaya-biaya yang timbul akibat harus datang ke lokasi sekolah yang dituju, dan masih banyak kendala-kendala lainnya yang dapat menimbulkan stress pada berbagai pihak.
PSB paperless online dengan konsep tanpa kertas ini diharapkan kendala-kendala di atas dapat diminimalisir dan dapat menghemat biaya-biaya operasional serta banyak memberikan kemudahan bagi siswa dan orang tua (masyarakat), karena dapat melakukan pendaftaran di rumah, di sekolah-sekolah yang ditunjuk, di semua lokasi yang memiliki akses internet karena konsep yang digunakan adalah berbasis web.
Konsekwensi logis perubahan pendaftaran PSB dari semi online ke full online mengakibatkan kekhawatian berbagai pihak, terutama Orang Tua calon siswa. Timbul bayangan kesulitan karena masih banyak yang awam terhadap teknologi informasi.
Untuk itu Dinas Pendidikan Kota Surabaya melakukan berbagai upaya agar kekhawatiran itu dapat terkurangi,antara lain :
  1. Menyederhanakan cara pendaftaran lewat internet.
  2. Semua calon siswa yang berasal dari SD/SDLB/MI/SMP/SMPLB/MTs sebanyak lebih kurang 80.000 calon siswa diberikan panduan bagaimana cara mendaftar.
  3. Bekerjasama dengan berbagai pihak ( Asosiasi Warnet Indonesia - Awari, Operator Telpon Seluler, Asosiasi Provider, dlsb ) untuk membantu sosialisasi ke seluruh elemen masyarakat.
  4. Memberi kesempatan untuk mencoba (latihan) pendaftaran mulai tanggal 1 Juni s.d 19 Juni 2009.
  5. Menyediakan tenaga-tenaga (helper) yang siap membantu calon siswa melaksanakan pendaftaran di seluruh sekolah SMP/SMA/SMK Negeri secara gratis dan pelayanan langsung ke masyarakat dengan mobil-mobil keliling.
Harapan Yayasan Pendidikan Lembaga Pendidikan YPLP Perwira, dengan langkah-langkah tersebut diatas, tidak ada lagi alasan untuk tidak mendaftar karena kesulitan proses pendaftaran dengan mengedepankan motto : "Semua anak usia sekolah di Surabaya harus sekolah".
Sistem PSB paperless online ini masih perlu banyak perbaikan untuk menuju ke kesempurnaan, untuk itu tegur sapa bagi insan Teknologi Informasi, Pemerhati Pendidikan, dan semua elemen masyarakat kami nantikan untuk perbaikan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat umumnya dan kepada calon-calon siswa sebagai penerus bangsa.
Tidak lupa saya sampaikan kepada calon siswa yang belum beruntung belajar di SMP/SMA/SMK Negeri, jangan berkecil hati, karena SMK YPLP Perwira mempunyai siap menerima dan siap mendidik adik-adik yang mempunyai keinginan kuat melanjutkan sekolah.
Pada kesempatan ini, saya sampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung sehingga impian untuk melayani masyarakat secara prima dapat terwujud, serta permohonan maaf saya sampaikan, bila dalam pelayanan ini masih kurang memuaskan.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kepala Sekolah
KURNIAWAN HERY S., S.Pd
PROGRAM KEAHLIAN
1. Teknik Mekanik Otomotif
Materi yang dipelajari diantaranya merangkai dan merawat sistem kelistrikan dan sistem motor stater, servis dan perawatan sistem rem, suspensi, transmisi, gardan dan kopling, sistem bahan bakar, sistem pengapian dan Tune-Up motor bakar
Fasilitas:
- Mobil Toyota & Hijet
- Stand Transmisi Dan Gardan
- Stand Chasis (rangka)
- Las listrik dan karbit
- Stand Kelistrikan
- Engine Stand EFI
- Engine Stand Mazda
- Engine Stand Kijang
Peluang kerja
- montir otomotif
- Teknisi Otomotif
2. Komputer Multimedia
Materi yang dipelajari diantaranya pengoperasian dan perawatan alat-alat multimedia membuat web design dan membuat gambar (design) serta membuat film animasi (kartun)
Program keahlian Multimedia berorientasi untuk menghasilkan siswa professional, mempunyai integritas moral dan etika profesi yang bernuansa keilmuan dan keislaman. Tujuan program keahlian ini bertujuan menghasilkan siswa Multimedia, memiliki keunggulan kompetitif dan mampu menguasai teknologi informasi (khususnya program aplikasi di bidang desain). Untuk mencapai tujuan tersebut, program keahlian Multimedia menyediakan fasilitas penunjang diantaranya laboratorium Multimedia dan computer, ruang baca yang menyediakan tutorial Multimedia Lapangan kerja yang bisa dimasuki lulusan Multimedia: Perusahaan jasa advertising, Perusahaan berbasi IT, Desain Grafis, Teknisi Software & Hardware, Lembga-lembaga yang berhubungan dengan IT. Program keahlian Multimedia meyiapkan iswa memasuki lapangan kerja dibidang teknologi khususnya animasi, desain grafis yang memiliki pengetahuan, ketrampilan serta memilliki jiwa dan sikap professional dibidangnya. Peluang Tempat Kerja
Fasilitas:
- Laboratorium Multimedia
- Komputer Core 2 Duo ‘n internet
- TV Sharp 21”, VCD Player
- LCD Projektor & Screen
- Handycam, Laptop
- Duplicator DVD
- Camera Digital
Peluang kerja
- desainer,
- camera man,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar